Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sabtu, 12 Februari 2011

Puisi Cinta di Hari Valentine

Hari valentine atau valentine’s day, yang lebih dikenal dengan harikasih sayang, merupakan satu hari penting bagi mereka yang berpasangan. Hari kasih sayang ini dirayakan setiap tanggal 14 Februari.



Ucapan di Hari Valentine
Valentine selalu identik dengan sesuatu yang serba pink. Valentine juga erat hubungannya dengan coklat. Berbagai barang, seperti boneka dan bantal, bernuansa pink laris manis pada bulan ini. Berbagai bentuk dan warna coklat diserbu para pemuda dan pemudi. Barang bernuansa pink dan coklat selalu dijadikanhadiah yang seolah menjadi keharusan di hari kasih sayang ini.
Hal yang tidak kalah penting di momen ini adalah bunga mawar dan kartu ucapan berbentuk hati dengan gambar Cupido atau Cupid yang diyakini sebagai dewa cinta pada zaman Romawi. Cupid adalah dewa bersayap dengan busur panah di tangannya. Dewa ini ‘bertugas’ menancapkan anak panah pada manusia di bumi. Manusia yang tengah jatuh cinta dipercaya telah terkena anak panah dewa cinta ini.
Valentine sendiri merupakan kata dan budaya yang berasal dari Barat. Tradisi ini berasal dari bangsa Romawi. Dengan demikian, valentine merupakan tradisi orang-orang non-muslim. Anehnya, orang Indonesia dengan mayoritas penduduk beragama Islam turut merayakan tradisi ini.
Kebanyakan dari mereka mungkin hanya sekadar ikut-ikutan merayakan tanggal 14 Februari sebagai hari kasih sayang tanpa mengetahui asal mula tradisi tersebut. Hari kasih sayang sebenarnya tidak hanya terpaku pada tanggal 14 Februari. Setiap hari bisa dijadikan hari kasih sayang bagi kita dan orang-orang yang kita cintai.
Cinta adalah perasaan yang tidak mudah dilukiskan. Cinta memang unik. Cinta itu ajaib. Tidak pernah habis kata-kata jika dipakai untuk mendeskripsikan cinta. Bagi para pencinta di seluruh dunia, valentine adalah hari penting dalam dunia percintaan sehingga harus dirayakan denga cara dan kata yang tidak biasa.
Keunikan dan keajaiban rasa itu membuat kita tidak ingin mengungkapkan cinta dengan cara sederhana. Seseorang yang tengah jatuh cinta ingin segera mengungkapkan perasaan itu pada orang yang dimaksud.
Banyak cara yang digunakan untuk mengungkapkan perasaan cinta. Puisi menjadi salah satu bentuk karya yang sering dijadikan media untuk mengungkapkan rasa cinta.Puisi merupakan salah satu jenis karya sastra berisikan kata-kata dan kalimat-kalimat indah yang penuh dengan perumpamaan. Puisi itu asosiatif, hiperbola, dan sebagainya.
Yang jelas, puisi merupakan salah satu -dari sekian banyak tulisan- yang kerap dijadikan cara untuk mengungkapkan perasaan cinta. Salah satu penyair yang sangat terkenal dengan puisi-puisi cintanya adalah Kahlil Gibran.
Di momen penting -bagi sebagian orang- seperti valentine, puisi banyak dipilih sebagai tanda ucapan di hari kasih sayang ini. Kartu-kartu ucapan dipenuhi dengan puisi-puisi cinta. Selain yang telah ada dengan sendirinya pada kartu ucapan, banyak pula puisi yang sengaja diciptakan seseorang pada momen ini untuk diberikan pada orang yang mereka cintai.
Kelenturan bentuk yang tidak mengikat membuat puisi banyak dipilih sebagai cara lain pengungkapan rasa cinta. Setiap orang pada dasarnya bisa berpuisi, terlebih puisi modern, dengan pemilihan kata dan gayaserta rima yang sudah lepas dari ikatan kebakuan sebuah puisi.
Puisi dan cinta memang dua hal yang saling bersinggungan. Salah satu hal penting dari isi puisi adalah cinta dan puisi sendiri merupakan bagianpenting dalam cinta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar