Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Senin, 07 Februari 2011

Mukjizat Alqur'an Kunci Dari Segala Ilmu

Mukjizat Al Qur an adalah mukjizat yang paling besar karena merupakan kalam Illahi yang meliputi segala aspek kehidupan dan merupakan sumber hukum yang utama bagi agama Islam. Keindahan juga bahasanya tidak ada satu pun orang yang dapat menandingi atau membuat yang serupa dengan Al Qur an.



Mukjizat ini diturunkan kepada Nabi Muhammad saw untuk dijadikan pedoman dan penghayatan bagi yang ingin selamat dunia dan akhirat. Cahaya Al Qur an menerangi jagad raya, alam semesta beserta isinya. Keajaiban yang terkandung didalamnya tidak perlu diragukan lagi.

Selain untuk rambu-rambu kehidupan bagi umat Islam, mukjizat yang terdapat dalam Al Qur an adalah kunci dari segala jenis ilmu pengetahuan.

Para ilmuan yang baru baru saja menemukan tentang temuannya,dalam ilmu astronomi, ruang angkasa, kedokteran, biologi, kelautan, fisika dan lain sebagainya semua telah ada dalam Al Qur an yang telah diturunkan 1432 tahun yang lalu.

Ilmu akhlak, etika, moral, ketauhidan semua dibahas dalam Al Qur an, dari yang nyata hingga yang ghoib semua ada. Al Qur an juga mengajarkan keseimbangan antara dunia dan akhirat.

Jika hanya akhirat yang dikejar dan dunia ia lalaikan seperti menelantarkan keluarga dan kurang bersikap baik terhadap sesamanya hal ini tidak dibenarkan oleh Al Qur an.

Demikian juga sebaliknya jika hanya untuk dunianya, hanya memiliki hubungan baik sesama manusia tanpa menjalankan kebutuhan akhiratnya yaitu berhubungan baik dengan Allah SWT, tindakan seperti ini tidak dianjurkan.

Ilmu Allah Maha Luas

Temuan-temuan yang ilmuan dapat hanyalah sebagian kecil saja yang diketahui oleh manusia. Banyak ilmu yang tidak diketahui dan tersentuh oleh manusia.

Dari mukjizat Al Quran inilah kita dapat mengetahui bahwa ada ilmu-ilmu yang hanya Allah saja yang memilikinya antara lain yaitu seperti yang terdapat dalam surat Luqman ayat 34 yang artinya:

“Sesungguhnya hanya disisi Allah ilmu tentang hari kiamat, dan Dia yang menurunkan hujan, dan mengetahui apa yang ada di dalam rahim. Dan tidak ada seorang pun yang dapat mengetahui (dengan pasti) apa yang akan dikerjakannya besok. Dan tidak ada seorang pun yang dapat mengetahui di bumi mana ia akan mati. Sungguh, Allah Maha Mengetahui, Maha mengenal".

Seberapa banyak ilmu yang dimiliki oleh manusia tak pantas ia merasa memiliki ilmu lebih apalagi sombong dengan ilmu yang didapatnya, karena sebenarnya ilmu manusia hanyalah sedikit.

Hal ini berdasarkan firman Allah dalam surat Al Isra’ ayat 85 yang artinya “Dan mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang ruh. Katakanlah, 'Ruh itu urusan Tuhanku, sedangkan kamu diberi pengetahuan hanya sedikit.”

Hanya Allah lah pemilik semua ilmu, yang maha sempurna dan abadi pemilik seluruh alam. Ilmu Allah sangatlah luas meliputi segala sesuatu. hal ini diungkapkan oleh Allah SWT dalam surat At Thalaq ayat 12 yang artinya :

“Allah yang menciptakan tujuh langit dan dari (penciptaan) bumi juga serupa. Perintah Allah berlaku padanya, agar kamu mengetahui bahwa Allah maha kuasa atas segala sesuatu, dan ilmu Allah benar benar meliputi segala sesuatu.”

Allah menurunkan mukjizat Al Qur an agar dapat diambil ilmunya bagi orang orang yang berakal, sebagai petunjuk dalam menjalani kehidupan yang sesaat di alam dunia yang fana ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar